KEPADA
SIAPAKAH NUBUATAN YESAYA 7:14 DITUJUKAN
?
Pendahuluan
Penafsiran teks Yesaya 7:14 memang menimbulkan
banyak spekuluasi dan diyakini bahwa ayat satu-satunya dalam Perjanjian
Lama (hapax legomena) ini yang secara tegas ditujukan kepada sosok Immanuel
dalam Perjanjian Baru.
לָ֠כֵן
יִתֵּ֙ן אֲדֹנָ֥י ה֛וּא לָכֶ֖ם א֑וֹת הִנֵּ֣ה הָעַלְמָ֗ה הָרָה֙ וְיֹלֶ֣דֶת בֵּ֔ן
וְקָרָ֥את שְׁמ֖וֹ עִמָּ֥נוּ אֵֽל׃
(Yes 7:14 WTT)
BGT Yesaya 7:14 διὰ τοῦτο δώσει κύριος αὐτὸς ὑμῖν
σημεῖον ἰδοὺ ἡ παρθένος ἐν γαστρὶ ἕξει καὶ τέξεται υἱόν καὶ καλέσεις τὸ ὄνομα αὐτοῦ
Εμμανουηλ
ITB Yesaya 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang
akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda
mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan
Dia Imanuel.
Mari kita perhatikan bunyi teks tersebut dan kita
melihat konteks keseluruhan mulai dari ayat 1-16 sebagai berikut :
ITB Yesaya 7:1 Dalam zaman Ahas bin Yotam bin
Uzia, raja Yehuda, maka Rezin, raja Aram, dengan Pekah bin Remalya, raja
Israel, maju ke Yerusalem untuk berperang melawan kota itu, namun mereka tidak
dapat mengalahkannya.
2
Lalu diberitahukanlah kepada keluarga Daud: "Aram telah berkemah di
wilayah Efraim," maka hati Ahas dan hati rakyatnya gemetar ketakutan
seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup angin.
3
Berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya: "Baiklah engkau keluar menemui Ahas,
engkau dan Syear Yasyub, anakmu laki-laki, ke ujung saluran kolam atas, ke
jalan raya pada Padang Tukang Penatu,
4
dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah
takut dan janganlah hatimu kecut karena kedua puntung kayu api yang berasap
ini, yaitu kepanasan amarah Rezin dengan Aram dan anak Remalya.
5
Oleh karena Aram dan Efraim dengan anak Remalya telah merancang yang jahat
atasmu, dengan berkata:
6
Marilah kita maju menyerang Yehuda dan menakut-nakutinya serta merebutnya,
kemudian mengangkat anak Tabeel sebagai raja di tengah-tengahnya,
7
maka beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak akan sampai hal itu, dan tidak akan
terjadi,
8
sebab Damsyik ialah ibu kota Aram, dan Rezin ialah kepala Damsyik. Dalam enam
puluh lima tahun Efraim akan pecah, tidak menjadi bangsa lagi.
9
Dan Samaria ialah ibu kota Efraim, dan anak Remalya ialah kepala Samaria. Jika
kamu tidak percaya, sungguh, kamu tidak teguh jaya."
10
TUHAN melanjutkan firman-Nya kepada Ahas, kata-Nya:
11
"Mintalah suatu pertanda dari TUHAN, Allahmu, biarlah itu sesuatu dari
dunia orang mati yang paling bawah atau sesuatu dari tempat tertinggi yang di
atas."
12
Tetapi Ahas menjawab: "Aku tidak mau meminta, aku tidak mau mencobai
TUHAN."
13
Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum
cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga?
14
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda:
Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang
anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
15 Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak
yang jahat dan memilih yang baik
16 sebab sebelum anak itu tahu
menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau
takuti akan ditinggalkan kosong.
Latar Belakang
Pada tahun 735 SM, terjadi perang antara Siria yang
bersekutu dengan Israel melawan Yehuda (raja Ahas) dalam Yesaya 7:1
Yesaya 7:2 maka hati Ahas dan hati rakyatnya gemetar ketakutan seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup angin. Ahas-pun mempunyai inisiatif untuk meminta bantuan kepada Asyur untuk menggagalkan serangan Siria dan Israel.
Kemudian Allah memerintahkan Yesaya dalam Yesaya 7:4 dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah takut. Yesaya 7:7 : maka beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak akan sampai hal itu, dan tidak akan terjadi.
Namun sepertinya Ahas pesimis terhadap apa yang disampaikan Yesaya tentang jaminan dari Allah tersebut, maka untuk meyakinkan Ahas, Yesaya menyampaikan nubuat dari Allah tentang tanda-tanda dan saat akan dihancurkannya Siria dan Israel :
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda ( עַלְמָ֗הalmah : menekankan perempuan muda yang siap menikah, terjemahan bahasa Inggris virgin : perawan). , dan ia akan menamakan Dia Imanuel (Yesaya 7 : 14). (catatan : kata ‘perawan’ dalam bahasa Ibrani juga dipakai kata betulah, tetapi Yesaya memakai kata almah,mungkin untuk menekankan nuansa muda dan dalam septuaginta jelas dipakai kata parthenos yang artinya perawan ).
Yesaya 7:2 maka hati Ahas dan hati rakyatnya gemetar ketakutan seperti pohon-pohon hutan bergoyang ditiup angin. Ahas-pun mempunyai inisiatif untuk meminta bantuan kepada Asyur untuk menggagalkan serangan Siria dan Israel.
Kemudian Allah memerintahkan Yesaya dalam Yesaya 7:4 dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah takut. Yesaya 7:7 : maka beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak akan sampai hal itu, dan tidak akan terjadi.
Namun sepertinya Ahas pesimis terhadap apa yang disampaikan Yesaya tentang jaminan dari Allah tersebut, maka untuk meyakinkan Ahas, Yesaya menyampaikan nubuat dari Allah tentang tanda-tanda dan saat akan dihancurkannya Siria dan Israel :
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda ( עַלְמָ֗הalmah : menekankan perempuan muda yang siap menikah, terjemahan bahasa Inggris virgin : perawan). , dan ia akan menamakan Dia Imanuel (Yesaya 7 : 14). (catatan : kata ‘perawan’ dalam bahasa Ibrani juga dipakai kata betulah, tetapi Yesaya memakai kata almah,mungkin untuk menekankan nuansa muda dan dalam septuaginta jelas dipakai kata parthenos yang artinya perawan ).
Masalah
utama
Pertanyaan penting
(sehubungan dengan nama Immanuel) adalah
untuk menjelaskan bagaimana kelahiran Yesus menggenapi nubuat Yesaya. Masalahnya datang dalam mengharmonisasikan Yesaya 7:14 sebagai tanda untuk Ahas pada abad 8 BC dengan
menggunakan Matius sebagai referensi untuk kelahiran Yesus di akhir
abad pertama masehi.
Upaya
solusi umumnya jatuh
di bawah salah satu dari 3 pendekatan sebagai berikut :
1. Satu
pendekatan adalah untuk mengambil nubuatan
dalam ayat 14 sebagai
eksklusif historis (exclusively
historic). Seorang wanita muda, yang mungkin perawan atau
tidak perawan pada saat nubuat, menikah dan
melahirkan seorang putra. Beberapa mengidentifikasikan wanita tersebut sebagai istri Yesaya dan anaknya yang bernama Maher-Syalal Hash-Bas.
Lainnya memilih bahwa wanita itu adalah istri Ahas, dengan anaknya yang bernama
Hizkia. Dalam kedua kasus, nubuat dalam ayat 14 tidak memiliki hubungan langsung atau referensi eksplisit untuk Yesus.
Lainnya memilih bahwa wanita itu adalah istri Ahas, dengan anaknya yang bernama
Hizkia. Dalam kedua kasus, nubuat dalam ayat 14 tidak memiliki hubungan langsung atau referensi eksplisit untuk Yesus.
2.
Pendekatan
kedua adalah mengambil nubuat dalam ayat 14 sebagai eksklusif
hanya untuk mesias dalam diri Yesus Kristus (exclusively mesianic). Wanita perawan adalah Maria, dan anak itu adalah Yesus. Pendapat ini dibagi atas makna ayat 15-16, Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong. Beberapa ahli mengambil ayat 15-16 untuk menggambarkan pengalaman Yesus pada abad pertama masehi.
Lainnya membedakan rujukan kepada Yesus dalam ayat 14 dari anak yang
disebutkan dalam ayat 15-16 sehingga ayat 15-16 menggambarkan pengalaman seorang anak di abad ke delapan Yehuda.
hanya untuk mesias dalam diri Yesus Kristus (exclusively mesianic). Wanita perawan adalah Maria, dan anak itu adalah Yesus. Pendapat ini dibagi atas makna ayat 15-16, Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong. Beberapa ahli mengambil ayat 15-16 untuk menggambarkan pengalaman Yesus pada abad pertama masehi.
Lainnya membedakan rujukan kepada Yesus dalam ayat 14 dari anak yang
disebutkan dalam ayat 15-16 sehingga ayat 15-16 menggambarkan pengalaman seorang anak di abad ke delapan Yehuda.
Terlepas dari itu, ayat 14 mengacu kepada kelahiran
Yesus dan tidak memiliki kaitan
langsung pada keadaan langsung
Ahas.
3. Pendekatan
ketiga
adalah untuk menggabungkan dua
pendekatan pertama dan melihat
sesuatu dari penggenapan ganda (double fulfilment). Pemenuhan awal terjadi
dengan kelahiran anak tidak lama setelah nubuatan, sementara pemenuhan selanjutnya terjadi dengan kelahiran Yesus. Para ahli pendukung pandangan ini menjelaskan hubungan antara pemenuhan ini di salah satu dari dua cara. Beberapa melihat hubungan sebagai melibatkan sensus plenior atau makna lebih penuh di mana Matius memperluas arti dari kata-kata Yesaya dalam penuturan asli untuk menyertakan referensi untuk konsepsi dan kelahiran Yesus. Ahli lain memahami hubungan yang melibatkan tipologi, di mana Matius mengambil kata-kata Yesaya sebagai sesuatu bayangan di luar konteks langsung dan berlaku untuk Yesus dalam hubungan “type-anti type"
sesuatu dari penggenapan ganda (double fulfilment). Pemenuhan awal terjadi
dengan kelahiran anak tidak lama setelah nubuatan, sementara pemenuhan selanjutnya terjadi dengan kelahiran Yesus. Para ahli pendukung pandangan ini menjelaskan hubungan antara pemenuhan ini di salah satu dari dua cara. Beberapa melihat hubungan sebagai melibatkan sensus plenior atau makna lebih penuh di mana Matius memperluas arti dari kata-kata Yesaya dalam penuturan asli untuk menyertakan referensi untuk konsepsi dan kelahiran Yesus. Ahli lain memahami hubungan yang melibatkan tipologi, di mana Matius mengambil kata-kata Yesaya sebagai sesuatu bayangan di luar konteks langsung dan berlaku untuk Yesus dalam hubungan “type-anti type"
Pembahasan
Dengan
pemikiran ini,
semua dari tiga interpretasi
di atas menghadapi masalah.Pendekatan eksklusif historis muncul
untuk meninggalkan janji dalam ayat 14 dari
arti literal. Baik
ibu Hizkia maupun
ibu dari Maher-Syalal Hash-Bas masih perawan pada saat nubuat. Hizkia, di satu
sisi, berusia beberapa tahun,
ketika nubuat itu diberikan. Maher di sisi lain, adalah
anak kedua dari istri Yesaya.
Anak pertama, Shear-Yasub sebenarnya ada dengan
Yesaya ketika nubuat
itu disampaikan. Jadi tidak ada dari keduanya yang dalam
hal apapun, yang lahir yang
bisa benar-benar disebut "Immanuel," yaitu, "Allah beserta kita."
Ada
kemungkinan bahwa
Yesaya menggunakan nama dalam arti kiasan atau
metafora yang berarti bahwa kelahiran
anak hanya diwakili kerja Allah atas nama
umat-Nya. Ide itu akan menjadi
sesuatu seperti "Tuhan ada
di pihak kita." Namun, referensi
setelah anak ini menggambarkan
Dia dalam hal keilahian, argumentasinya adalah bahwa Yesaya memaksudkan arti literal dengan sebutan Immanuel.
Khususnya dalam pandangan ini adalah Yesaya 9:
6, di mana Yesaya
mengulangi ungkapan "anak" ("Untuk seorang anak akan lahir
untuk kita") dan "anak"
("anak akan diberikan kepada kita") dari Yesaya 7:14 dan
kemudian menggambarkan anak ini,
antara judul lainnya, sebagai "Allah yang Perkasa."
Penafsiran secara eksklusif mesianis menghadapi masalah harmonisasi
hubungan antara kelahiran Yesus dalam ayat 14 dan
runtuhnya koalisi Siro-Efraim dalam ayat 16.
Mereka yang mengambil ayat 14-16 bersama-sama dan menafsirkannya
sebagai gambaran kelahiran
Yesus dan perjuangannya sebagai
anak dalam abad pertama untuk menjelaskan bagaimana
kelahiran Yesus berfungsi sebagai
prekursor untuk menggulingkan Rezin dan Pekah pada abad kedelapan. Namun ayat 16 secara khusus menyatakan bahwa sebelum anak ini mencapai
usia sanggup membedakan baik-buruk, tanah kedua raja itu akan
ditinggalkan. Karena keruntuhan kerajaan terjadi pada abad kedelapan, bagaimana bisa apa yang
terjadi pada akhir abad pertama
berfungsi untuk menjelaskan kondisi itu ? Dengan perkataan lain, kelahiran Yesus pada akhir abad pertama hampir tidak memiliki relevansi
sebagai kondisi runtuhnya
mitra koalisi tujuh
abad sebelumnya.
Mereka yang memisahkan referensi untuk kelahiran Yesus dalam ayat 14 dari anak yang disebutkan dalam ayat 15-16, dengan alasan bahwa dua anak-anak yang berbeda dalam pandangan, gagal untuk menunjukkan dari konteks langsung bagaimana perbedaan semacam itu ada. Pernyataan di awal ayat 15, "Dia akan makan dadih dan madu," adalah kata benda maskulin, subjek tunggal, yang yg hanya bisa diartikan sebagai anak dalam ayat 14. Deskripsi anak ini dalam ayat 15 ini kemudian diambil dan diulangi dalam ayat 16, yang menunjukkan bahwa anak yang sama dalam pandangan seluruh nubuatan yang dimaksud. Ayat-ayat
14-16 memberikan setiap indikasi menjadikannya nubuat terpadu, menggambarkan kelahiran dan pengalaman seorang anak tunggal.
Mereka yang memisahkan referensi untuk kelahiran Yesus dalam ayat 14 dari anak yang disebutkan dalam ayat 15-16, dengan alasan bahwa dua anak-anak yang berbeda dalam pandangan, gagal untuk menunjukkan dari konteks langsung bagaimana perbedaan semacam itu ada. Pernyataan di awal ayat 15, "Dia akan makan dadih dan madu," adalah kata benda maskulin, subjek tunggal, yang yg hanya bisa diartikan sebagai anak dalam ayat 14. Deskripsi anak ini dalam ayat 15 ini kemudian diambil dan diulangi dalam ayat 16, yang menunjukkan bahwa anak yang sama dalam pandangan seluruh nubuatan yang dimaksud. Ayat-ayat
14-16 memberikan setiap indikasi menjadikannya nubuat terpadu, menggambarkan kelahiran dan pengalaman seorang anak tunggal.
Pendekatan
ketiga,
yang memilih untuk dua pemenuhan, dekat
dan jauh, juga menimbulkan
rmasalah. Mereka memperjuangkan
sensus plenior, di mana Matius memperluas arti
dari kata-kata Yesaya dalam
pengaturan asli mereka untuk
menyertakan referensi kepada
Yesus, meningkatkan keseriusan
pertanyaan-pertanyaan hermeneutis.
Pendekatan ini harus memberikan makna yang berbeda dengan kata-kata dalam nubuat Yesaya agar nubuatan yang akan
diterapkan baik untuk anak pada abad kedelapan dan Yesus. Tergantung pada
penggenapan dalam pandangan, wanita itu baik perawan
atau dia tidak; anak
itu baik Yesus atau orang lain; dan anak
itu benar-benar Allah beserta
kita atau anak itu tidak beserta kita.
Masalah dengan sensus plenior adalah bahwa hal itu melanggar prinsip sifat univocal bahasa. Yang dimaksud dengan sifat univocal bahasa adalah bahwa komunikasi tergantung pada kata-kata yang memiliki satu makna dalam konteks tertentu. Menerapkan hal ini untuk teks Alkitab, mengakibatkan bahwa nubuat Yesaya hanya dapat memiliki satu arti: itu adalah makna yang dimaksudkan oleh penulis, dan itu adalah makna yang diungkapkan dalam pemilihan kata-kata penulis untuk berkomunikasi dalam makna itu. Dengan argumentasi adanya makna tambahan, sensus plenior melanggar prinsip di atas dan membuka peluang teks Perjanjian Lama, untuk semua ayat yang berarti dapat dipandang bermakna ganda yang ditemukan dari Perjanjian Baru.
Mereka yang berargumentasi dalam hubungan tipologis menghadapi satu rangkaian permasalahan yang sama. Pada akhirnya, kesulitan dalam mengidentifikasi nubuatan Immanuel dengan pemenuhan abad kedelapan sebagai tipe adalah bahwa penafsiran ini gagal untuk menghubungkan nubuat dengan apa yang Yesaya katakan sebagai makna lain. Sebagai contoh, berikut pernyataan tentang keberadaan anak yang disebut Immanuel, Yesaya kemudian menambahkan atribut untuk Immanuel dalam hal kepemilikan tanah. Setelah ini, Yesaya menggambarkan anak yang akan dilahirkan sebagai yang memimpin, duduk di atas takhta Daud, membangun kerajaannya, dan sebagai yang diberikan nama "Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai." Dengan asumsi bahwa Yesaya yang dimaksudkan referensi ini, maka deskripsi kolektif mereka menunjukkan kesulitan untuk mengidentifikasi Immanuel dengan orang lain selain Yesus, bahkan dalam arti tipologis. Dengan kata lain, nama tersebut bisa tidak tepat diterapkan kepada siapa saja yang bukan Tuhan.
Jadi
....................
Untuk mengharmonisasikan Yesaya 7:14 dengan menggunakan Matius sebagai
referensi untuk kelahiran Imanuel yang bukan manusia biasa itu, maka diambillah
pendekatan kedua (exclusively mesianic) dengan sedikit “modifikasi”, yaitu
membagi pendekatan ini ke dalam 2 (dua) bagian sebagai berikut :
Perhatikanlah Yesaya 7:13,14 bahwa “keluarga Daud” atau garis keturunan
Daud atau kata ganti orang kedua yang dipakai disini berbentuk maskulin jamak.
ITB Yesaya 7:13 Lalu berkatalah nabi Yesaya: "Baiklah
dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga?
NAS Isaiah 7:13 Then he said, "Listen now, O ahouse
of David! Is it too slight a thing for you to try the patience of men, that you will btry the
patience of cmy God as well?
WTT Isaiah 7:13 וַיֹּ֕אמֶר שִׁמְעוּ־נָ֖א בֵּ֣ית דָּוִ֑ד הַמְעַ֤ט מִכֶּם֙
הַלְא֣וֹת אֲנָשִׁ֔ים כִּ֥י תַלְא֖וּ גַּ֥ם אֶת־אֱלֹהָֽי׃
BHT Isaiah 7:13 wayyöº´mer šim`û-nä´ Bêt
Däwìd hamü`a† miKKem hal´ôt ´ánäšîm
Kî tal´û Gam ´et-´élöhäy
Artinya bahwa Yesaya sedang menubuatkan bahwa keturunan Daud sampai kepada
Yesus Kristus sebagai penggenapannya. Dan ini dapat disebutkan sebagai bagian
pertama dari penggenapan nubuatan Yesaya yang berjarak waktu 8 abad kemudian.
Sedangkan Yesaya 7:16 menunjukkan bahwa kata ganti orang kedua yang dipakai
adalah berbentuk maskulin tunggal.
Artinya nubuatan ini langsung ditujukan secara spesifik kepada Ahaz. Oleh sebab
itu konteks dekat dalam Yesaya 8 disebutkan sebagai tanda Ahaz.
ITB Yesaya 7:16 sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan
memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong.
KJV Isaiah 7:16 For before the child shall know to refuse the
evil, and choose the good, the land that thou abhorrest shall be forsaken of
both her kings.
NAS Isaiah 7:16 a"For before the boy will know enough
to refuse evil and choose good, bthe land whose two kings you dread will be forsaken.
WTT Isaiah 7:16 כִּ֠י בְּטֶ֙רֶם יֵדַ֥ע הַנַּ֛עַר מָאֹ֥ס בָּרָ֖ע
וּבָחֹ֣ר בַּטּ֑וֹב תֵּעָזֵ֤ב הָאֲדָמָה֙ אֲשֶׁ֣ר אַתָּ֣ה קָ֔ץ מִפְּנֵ֖י שְׁנֵ֥י
מְלָכֶֽיהָ׃
BHT Isaiah 7:16 Kî Bü†eºrem yëda`
hannaº`ar mä´ös Bärä` ûbäHör Ba††ôb Të`äzëb hä´ádämâ ´ášer ´aTTâ qäc miPPünê šünê müläkʺhä
Artinya secara spesifik Yesaya menubuatkan bahwa memang sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang
baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong. (Yes 7:16 ITB).
Visi Yesaya tidak menjelaskan periode waktu secara pasti bahwa kedua bagian
penggenapannya dipenuhi untuk kelahiran Yesus. Yang pasti bahwa tahun 735 BC
Yesaya membawa pesan pengharapan (message
of hope) untuk kerajaan Yehuda, di
mana koalisi kedua raja yang menyerang Ahaz akan dihancurkan Tuhan. Pesan
pengharapan itu adalah nubuatan
tunggal (single prophecy), yang
terdiri dari 2 bagian dengan pesan dan penggenapannya masing-masing.
Bagian pertama ditujukan kepada garis keturunan Daud (Davidic line), yaitu seorang perawan akan mengandung dan melahirkan
seorang Putera yang dinamakan Immanuel.
Bagian kedua adalah nubuatan yang
ditujukan secara khusus kepada Ahaz sebagai garis keturunan Daud, yang akan dilahirkan
dalam tahun mendekat. Kedua bagian ini
menunjukkan jaminan Tuhan bahwa tidak
mungkin ada pengganti raja dari keturunan yang bukan dari garis
keturunan Daud , seperti ancaman raja Rezin dan Pekah : Marilah kita maju menyerang Yehuda dan menakut-nakutinya serta merebutnya,
kemudian mengangkat anak Tabeel sebagai raja di tengah-tengahnya (Yesaya 7 : 6).
Nubuatan tunggal untuk kelahiran Tuhan Yesus yang terdiri dari 2 bagian
untuk menegaskan jawaban Tuhan kepada keturunan Israel sebagai bangsa dan
secara khusus kepada Ahaz untuk meyakinkan bahwa negeri kedua raja yang
bersekutu menyerangnya akan lenyap.
Kapan hal itu terjadi ? Secara visi memang sejarah membuktikan bahwa tidak
lama kemudian memang hal itu digenapi dan pada sisi lain saat dikatakan bahwa
semua itu terjadi sebelum anak tersebut mampu membedakan yang baik dan buruk
(usia 2 – 3 tahun atau 12 – 13 tahun secara legal). Kapanpun itu terjadi tidak
menjadi fokus utama, karena memang setelah kelahiran Yesus ratusan tahun
kemudian, kedua bangsa penyerang Ahaz sudah lenyap.
Lebih jauh lagi bahwa penggenapan dalam puluhan tahun mendekat (bagian
kedua) mengonfirmasikan penggenapan janji dan atau nubuatan bagian pertama,
bahwa firman Tuhan selalu tepat dan tidak pernah salah.
Kepustakaan :
1.
Walter C. Kaiser, Jr., A History of Israel From the Bronze Age Through the Jewish Wars (Nashville: Broadman & Holman, 1998)
2.
The Birth of the Messiah: A Commentary on the Infancy Narratives in Matthew and Luke (Garden City, NY: Doubleday, 1977)
3.
Robert G. Gromacki, The Virgin Birth: Doctrine of Deity (reprint ed., Grand Rapids: Baker, 1981)
4.
D. A. Carson, Matthew, in vol. 8 of The Expositor’s Bible Commentary, ed. Frank E. Gaebelein (Grand Rapids: Zondervan, 1984)
5.
Edward E. Hindson, Isaiah’s Immanuel: A Sign of His Times or the Sign of the Ages, An International Library of Philosophy and Theology: Biblical and Theological Studies (n.p.: Presbyterian and Reformed, 1978)
6.
J. Alec Motyer, The
Prophecy of Isaiah: An Introduction and Commentary (Downers Grove, IL: InterVarsity Press, 1993)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar